Penonton kecewaaaa

Rabu, 09 September 2009


Sayangnya, sejak kecil saya dibesarkan oleh cita rasa makanan yang tob banget! jadinya lidah saya udah terlanjur punya standar yang tinggi *tsaaah* untuk makanan. Alhasil, standar ini yang saya pake ketika makan dimanapun. Sebagai orang yang lahir dan besar di Bandung dan memang seneng makan terutama makan yang enak-enak, tentulah lidah saya sangat dimanjakan oleh Bandung. Dalam posting sebelumnya soal bakso, saya bilang kalo Bandung itu surganya makanan. Bukan cuma bakso, makanan apapun di Bandung itu sebagian besar enak, salah satunya bubur ayam. Saya masih inget, ketika masih di bandung, saya senang sekali sarapan di bubur Mang Oyo yang di deket sulanjana. Tempatnya adem, ada pohon rindang, jadi seger banget kalo pagi-pagi. Tapi gak cuma makan bubur di bubur yang udah beken banget seantero Bandung ini, saya juga seneng makan di jongko-jongko bubur ayam pinggir jalan. Dan seperti yang saya bilang sebelumnya, makanan Bandung itu sekalipun yang di pinggir jalan, enak! Dengan kerupuk yang biasanya dimangkokin sendiri, and i'm talking about a big portion of  kerupuks! dan boleh nambah pula! dan gratis pula!!! Ah asoy banget kan buat para pecinta kerupuk. Kalo di bubur Mang oyo malah lebih asoy lagi. Bukan cuma kerupuknya yang di piring sendiri dan banyak! tapi juga seledri dan kacang kedelenya. Jadi ada tiga piring tambahan selain piring bubur kita yang porsinya muntuk-muntuk itu!. Seperti dibawah ini gambar Bubur Ayam Mang Oyo. Terlihat mantab kan? ! emang mantab!




 Gambar diambil dari sini

Nah, berangkat dari kesukaan saya pada Nyabu (nyarapan Bubur), saya pun jadi kangen bubur ayam pagi ini. Karena ada siaran pagi, saya baru bisa siang makan bubur. Nanya sana-sini, teman-teman kantor merekomendasikan sebuah brand bubur yang katanya bubur terenak disini. Dengan semangat 45, di tengah terik matahari, saya pun nyari bubur ini. Begitu sampe, mmm okee, tempatnya bersih, homy, semoga enak! *menyilangkan dua jari*. Saya pun pesen yang spesial, karena kata si mba nya, kalo yang spesial itu toppingnya lebih banyak. Kalo di Bandung kan, makanan yang ada kata spesialnya yaa biasanya emang S-P-E-C-I-A-L, gak pake nyesel deh walaupun udah bayar mahal. Worthed! Nah, itu pula yang saya harapkan dari bubur ayam ber-merk Ibu bernama mirip dengan salah satu penyanyi keroncong Nasional ini. Begitu pesanan datang, eng ing eeeng! buburnya encer, porsinya dikit, toppingnya cuma beberapa potong cakue tipis, beberapa iris ayam dan sedikit suiran bawang. That's it?! Iyaa!!! segini ajjjaaa! DAN TANPA KERUPUK!! dan itu semua harus saya tebus dengan harga 10 rebu perak! ih bukan soal 10 rebu nya, tapi kok berasa gak worthed ya? Hampir menangis saya *lebay dikit ah*. Sejenak terbayang bubur ayam di Bandung yang buburnya bisa gak tumpah walaupun mangkoknya dimiringin sehingga nampol banget di perut orang laper, dengan topping ayam dan ati ampela yang nutupin permukaan buburnya, ditambah taburan cakue dengan irisan yang tebal lagi banyak, lalu dihiasi dengan warna hijau dari seledri dan daun bawang segar, masih ditambah prentilan kacang kedele. Dan melihat porsi bubur serta toppingnya, membuat saya berpikir, pedagang Bandung emang bikin makanan pake hati. Makanan dengan harga dibawah 10 ribu dibuat sebanyak dan seenak ini, sudah pasti mengurangi margin keuntungan. Baik kan?! Mana kerupuknya dipisah pula!!! banyak lagi! boleh nambah pula!. Yaa tapi gimanapun, ini so called bubur terenak di Jember harus saya abisin juga, udah bayar bok! ogah rugi guwe! hahahaha. Dalam perjalanan pulang, saya membuat daftar di kepala, jongko-jongko makanan yang harus saya makan kalo saya pulang ke Bandung, dan dijamin, saya akan menggembung seperti ikan buntal sekembalinya ke jember hehehehe.

11 komentar:

Enno mengatakan...

gak sopaaaaaan!!!!

gue jd laper! pdhl bacanya belom beduk magrib!

hihihi
klo ke bandung rek nyobaan aaah!

plainami mengatakan...

Popi: "..dijamin, saya akan menggembung seperti ikan buntal sekembalinya ke jember.."

pan sekarang udah turun beberapa kilo, huihihi

capcaibakar mengatakan...

hiyahhhh..jadi ga pengen pergi dari bandung..hahaha..

jadi inget..dulu ga mau masuk UGM gara-gara makanannya ga enak dan mallnya cuma satu..

pipi bulet dan dunianya mengatakan...

bandung kalo soal makanan emang no wahid...i miss my hometown a lot..terutama kangen ma jajanannya..

daysandminds mengatakan...

makanan rumah itu selalu menyenangkan memang... jadi pengen makan2 di bandung juga euy... dah lama saya tidak ke bandung...

de asmara mengatakan...

kalo mo nangis lebih kejer ke daerah rumah saya aja, Pop. tukang jual makanan membludak, ada tiap 5 cm, tiap rumah juga pada jualan... dan rasanya..??? DITANGGUNG HAMBARR!!

denny mengatakan...

wahahaha,,,
membangkitkan...


benar2 menggugah


menggugah selera makan.. :D

tri (bubat) mengatakan...

well.. sepertinya saya masih beruntung bekerja dijakarta dan saban weekend balik ke bandung... :P

Poppus mengatakan...

@ Enno : hihihihih. Ah lu mah ngomong doaang. Katanya dari dulu itu mau ke banduuung. Mannaaaaa?


@ Plainami : hiih iya mbok. Eva longoria aja lewat sekarang mah hihihi

@ Suci : Hahahaha. Iya, orang itu kalo udah stay lama di bandung pasti susah untuk keluar. Ah kota ini terlalu menyenangkan

@ Me : Ya kaan ya kaaan. Gak ada dua!

@ Day : Darling, gw juga suka makan makanan rumah, tapi hanya yang enak! hihihi. Yang bubur rumahan di jember inih gak enyaak

@ De Asmara : owwwh dimanakah rumahmu? ternyata ada yang lebih merana daripada diriku hihihih

@ Denny : ya iyalah! masa menggugah selera bikin anak!

@ Tri : Mas Triiiiiiiiii!!!! ya oloo apa kabaar? apa kabar Mba Sari? apa kabar si keciiiil? iya ih, kau beruntung! Jakarta-Bandung cuma 2 jam. Huh!

Lolly mengatakan...

ih..jadi laper aku...

Cc mengatakan...

salam kenal mbak poppi, blogwalking nyampe kesini en inspired banget dgn cerita before & after-nya, hee..
Sama2 pelanggan mang Oyo juga nih, tp sepertinya C & sobat lebih parah, karena kami suka nongkrong lama buat ngecengin mahasiswa2 yang berujung cau raja sere' nya mang Oyo habis sesisir, belum lagi kalo makan topping-nya tuh dikit2 trus minta nambah bubur-nya yg gratis, plus rayu2-bisik2 demi dapet kulit goreng yg super duper crunchy itu dan mang Oyo selalu berlapang dada menyambut kedatangan kami dan saling tukeran cerita :)
duuh hampura jadi panjang kieu nya, sumpah kangen berat sama mang Oyo, buburnya dan ceritanya..
mungkin anak lelakinya yg dulu masih smp udah jd mahasiswa sekarang..

Posting Komentar

Copyright © 2010 ParadoxParade | Free Blogger Templates by Splashy Templates | Layout by Atomic Website Templates