Ode to My Fat

Minggu, 02 November 2008

Saya lelah...



Sejak terlahir dengan kelebihan energi yang membuat saya sempat berpikir saya adalah titisan anak samson, saya tidak pernah berhenti diam. Ketika seluruh tubuh kita masih berfungsi, maka maksimalkanlah. Tapi sejak dua tahun lalu, saya tidak bergerak sebanyak biasanya. Ketika jarum timbangan mulai naik sekilo demi sekilo. Ketika dengan tanpa sadar, saya menyeret diri sendiri kedalam bencana. Ketika saya akhirnya punya cukup uang untuk beli makanan apapun yang saya mau. Seperti membalas kemiskinan dahulu, saya habiskan banyak uang untuk membeli segala makanan yang saya mau. Makanan yang hanya bisa saya lihat ketika tetangga saya yang orang kaya makan itu didepan rumah dengan muka nyinyir tengil yang sampai sekarang masih saya ingat. Sekarang saya bisa beli makanan yang dia makan, sebanyak apapun yang saya mau. Ya, saya kecanduan makan enak. Saya bisa dengan tanpa sadar membeli makanan yang membuat saya akhirnya mengernyitkan dahi "ngapain guwe keluarin duit sebanyak ini cuma buat beli steak?". Tapi kemudian saya lakukan itu lagi dan lagi. I've drag my self into the shit hole. Saya mulai menggembung. Seperti ikan buntal tanpa duri. But i'm still beautiful anyway hahahah

Sekarang berat badan saya melonjak luar biasa. Hanya beberapa belas kilo sebelum satu kwintal dan ini mulai menjadi mimpi buruk. No darling, it's not about my self confidence. Oh i don't have anyproblem with that, because i have my own concept. Setiap kali saya bertemu teman lama, mereka pasti bilang "Gila! lu tambah subur aja sih book!. Kata saya "Iya doong. gaji guwe 20 juta sebulan". Buat sebagian orang, pertanyaan soal tubuh, pasti mengganggu. Buat saya tidak. Saya memang gemuk, terus kenapa? apa salahnya dengan itu. Saya gak akan jadi gak pede hanya karena saya gemuk dan tidak mewakili imej cantik kapitalis. Secara psikis, saya sangat nyaman dengan tubuh saya. Toh saya pengamin kata-kata mutiara "BIG IS BEAUTIFUL". Cuma satu yang mengganggu saya. Bahwa tubuh saya sudah memberikan isyarat. Teriakan minta tolong tepatnya. SAYA TIDAK SEHAT


Dan cuma tubuh ini yang tidak bisa dibohongi. Kalo pikiran saya malah bisa dibohongi. Setiap kali saya mulai merasa keberatan, saya mensugesti otak saya untuk jangan menyerah, untuk masa bodo dengan obesitas. Tapi tubuh saya tak bisa dibohongi. Sugesti tak mempan buat dia. Dulu saya bisa jogging beberapa kilometer dan tidak merasa lelah. Dulu saya biasa jalan kaki pulang dari kantor dan tidak sesak napas. Dulu saya berenang beberapa putaran dengan tidak mudah terengah-engah. Dulu saya hiking di jayagiri dan tidak kesulitan membawa pantat. Kini...semua vitalitas itu tinggal sejarah. Setiap bangun tidur, telapak kaki dan lutut saya sakit ketika menjejak lantai. Selain karena peredaran darah tidak lancar, tentulah itu karena tubuh saya sudah terlalu berat. Ketika saya naik turun tangga, nafas saya seperti tinggal satu dan cuma tunggu waktu sebelum itu benar-benar berhenti. Saya pun sudah tidak kuat lagi hiking. Agak tinggi dikit aja, paru-paru sudah sesak dan kepala mulai pusing. Jantung saya pun sering clekat clekit, apakah saya akan mati karena jantung koroner?


Pernah tahun lalu, ketika tubuh saya udah cukup gemuk, saya hiking ke tangkuban parahu. Jarak gerbang hutan suaka menuju ke tangkuban parahu itu beberapa belas kilo, dan nanjak pula. Mantep banget kaan untuk orang segede saya. Waktu itu saya hiking sama sahabat saya yang ukuran badannya juga gak jauh dari saya. Bayangin aja, dua orang segede dosa, berjalan satu-satu menapaki jalan menanjak. Ketika baru mulai berjalan, kami masih semangat. Masih ketawa-ketawa dan banyak ngomong. Kemudian setelah dua kilometer, kami mulai sedikit ngomong. Pandangan mulai nanar, napas mulai terengah-engah, bibir mulai gak bisa mingkem. Kami mulai berpikir untuk naik angkot, padahal niat kami ingin menaklukan jalan itu dan sampe ke kawah tangkuban parahu dengan jalan kaki. Tapi untungnya kami tidak jadi naik angkot. Bukit demi bukit kami taklukan. Saat sudah hampir mau mati (hiperbola mode on* heheheh), ada seekor lebah besar yang muter-muter diatas kepala saya. Dia tau aja ada saya yang manis ini hahaha!. eh eh kok si lebahnya makin deket, dan dia ngejar tas saya. Saya lari dooong sambil tereak "Paiiit! paiiit!".


Saya yang udah hampir mati, malah jadi lari sekenceng-kencengnya di sebuah bukit yang jalannya nanjaaak banget. Temen saya dari jauh tereak "di tas lu ada coklaaat". Oh iya saya baru inget, tadi saya makan coklat baru separo dan saya taro di tas, ternyata coklat itu meleleh kena panas. Saya ambil coklat itu dan saya lempar. Pergilah si lebah yang dengan ajaibnya membuat saya jauh meninggalkan teman saya hahaha! Dengan perjuangan keras, akhirnya kami sampai ke tangkuban parahu, DENGAN JALAN KAKI!! Yippiiii!! langsung nyium tanah deh kami. Gak sangka, kami sanggup juga nyampe atas. Tapi setelah itu, kami berdua gak mau lagi nyoba, takut mati diatas dan gak ada yang nolong ahahaha! itulah balada orang obesitas kayak saya. Makanya ketika kemarin saya melihat jarum timbangan yang dengan lucunya bergeser lebih satu angka lagi, saya mau tak mau HARUS MENURUNKAN BERAT BADAN.

Saya ingin lebih produktif, saya ingin lebih mengenal dunia, saya tidak ingin mati mendadak dan ternyata jantung saya tak bisa disumbangin karena terbungkus lemak, saya gak mau kena kanker karena lingkar pinggang saya melebihi batas normal, saya gak mau mati diamputasi dikit-dikit karena diabetes, saya gak mau cepet capek saat saya lagi lincah-lincahnya, saya pengen berenang bolak-balik tanpa kepayahan, saya pengen siaran dengan nyaman tanpa harus banyak menarik napas padahal napas saya dulu panjang banget, Saya ingin menyaksikan adik saya menjadi dewasa, saya pengen shockbreaker motor saya lebih awet, saya pengen ngurus calon anak-anak saya (kalo punya ihihih) dan maen bola sama mereka, keceprak kecepruk di sawah dan kolam tanpa mudah lelah. Saya ingin ada dalam kehidupan mereka, dengan segenap energi saya. Saya ingin sehat terus agar saya tidak kehilangan waktu berharga. Saya ingin menjadi lengkap.


24 komentar:

novnov mengatakan...

Anak Samson?..Ikan buntal tanpa duri?..HAHAHAHAHAHAHA.....Pop, gue juga nggak selangsing papan cucian , walaupun juga gak segeda kulkas 2 pintu, tapi entah kenapa saat ini gue nyaman dengan semua yang ada di diri gue......yang penting SEHAT pop...SEHAT!!!!

menjadimanusia mengatakan...

hayo mbak pop... sehat itu menyenangkan kok... it adds extra benefit of having extra confident...

Rintjez mengatakan...

FAT and FABULOUS...
I like you for being so confident :)

Kalo case gw..gw bangga banget dan ga malu punya kulit item...haha!

Tante Popi...
Yuukkk hidup sehat..gw dukung! Semoga suksess!!!

natazya mengatakan...

aaaaaaahhhhh

gw juga pengen kurus!!! hiks... paha gw luka kalo pake rok karena bergesek trus :( jadi kaya lebam susah ilang! dan ketakutan mulai varises :(

tapi susaaaaaaaaaaaahhhhhhhhhhhhhhh

erh bukan...

ga enaaaaaaaaaaaakkkkkkkkkkk

heheheh

parah deh kalo idup kebiasa ma yang enak enak ajah

plain mengatakan...

kurangin porsi makan pop.. dikit2. terus olahraga, heuhe. ga usah yg susah2, jalan kaki juga olahraga kok.. mionya sambil ditenteng aja :D

Apisindica mengatakan...

Teh Pop, gw kagum sama kepercayaan diri lo. Nggak masalah orang mau bilang apa, yang penting kita enjoy sama diri kita sendiri.
Tapi sehat itu perlu!!!Badan "besar" memang gudangnya penyakit, makanya ayo turunkan berat badan!!
I always supporting you my dear!

misskepik mengatakan...

kata pacar saya, kalo hidup itu tidak boleh dendam, jadinya begitu tuhhh beli apapun yang dulu ga bisa dibeli ahahahaha *tapi itu manusiawi sekali kan ya mbak*

eh tapi ya
sejak dikurung di rumah sakit kemaren sekarang saya tak mau lagi bermalam malan di kedai kopi dan menjaga kesehatan
hahahaha
mahal booooooooowwwwww

orangutanz mengatakan...

Saya Juga! Saya tidak gemuk! Hanya gempal dan shemock.... Dan, YA ! Saya juga tidak sehat... hiks...

Enno mengatakan...

hahaha... apakah ini yg menyebabkan engkau membenci orang2 romantis? hihihi gak ada hubungannya yak? :D

popi, aku ngakak baca bagian dikejar lebah. LOL deh!!!

alveean mengatakan...

kagum dengan kepedeannya...

semangat and off course harus tetap sehat juga...

lam kenal... :-)

Poppus mengatakan...

@ Novnov : Itu dia nyooong masalahnyaa!! secara psikis gw nyaman bangeet. Ooo bisa diadu deh kepedean kita hahaha, tapi fisik boo gak bisa diboongin


@ Daysandminds : I know doc. I'm working on it


@ Rintjez : Naaah slogan itu bener tuh. I'M FAT & FABULOUS hahahaha. Oh sama dear, kulit gw juga gelap, but i love it!


@ Natazya : Darliiing, program yoga bersama kita kapppaaan?! emberta nek, yang enak-enak mah susah banget ditinggalin. Makanya tuhan larang kita nyoba yang enak-enak sebelum waktunya hahahaha! *kinky mode on


@ Plain : Ami, lingkar pinggang dan paha sekarang berapa sayang?

Poppus mengatakan...

@ ceritayuda : Ooo harus dooong. Cuma itu yang bikin hidup kita makin hidup *bok, berasa iklan rokok deeh. Tengkyu for the support yaaa


@ Misskepik : Iya sih say. Kata Tung Desem dan Aa Gym juga gitu hahahaha. Sekarang udah gak dendam lagi sih, udah puas hehehehe. Eh eh, sehat itu sebenernya murah ya, tapi kok sulit ya eheheh. Makanan sehat aja murah kok, beli aja lalap-lalapan di tukang sayur hehehe, gak usah ke restoran untuk makan enak, hindari makanan cepat saji, dll, murah kan. Sakitlah yang mahal. Tapi jalan untuk sakit itu enaaak hahaha


@ Orangutanz : Iya, saya juga semok. Si pacar juga suka tapi teu sehat euy! gampang ngos-ngosan. Mari atuh kita berolahraga!


@ Enno : Gak ada hubungannya tauuu. Ih ih aku sedang sebal padamu yang selalu romantis. Syuh! syuh! jauh-jauh sana! jangan sampe kusumpahin dikejar lebah gede loooooooooooo

plain mengatakan...

popi: Ami, lingkar pinggang dan paha sekarang berapa sayang?

-- wets, kan bukan dua lingkar itu yang paling penting. auhauhahaha

peni astiti mengatakan...

sayangkuh, aku juga suka kuatir dengan obesitas.. setelah melahirkan, berat badanku kan sempet turun 11 kilo, tapi kemudian, melonjak 10 kilo lagi! padahal sudah tidak ASI eksklusif
bukan apa-apa, sih, masalahnya aku jadi gampang sesak nafas...
aku lalu memutuskan untuk rajin berpuasa...
alhamdulillaah, bo! turun 10 kilo!!!
hahahaha

itikkecil mengatakan...

lo emang bener, badan kita gak bisa diboongin. kalo diperlakukan dengan tidak senonoh, pasti dia akan kasih reaksi yg ngewarning kita.

Poppus mengatakan...

@ Alveean : Makasih al :), btw, kita sama-sama di radio ya? satu kota pula, kapan atuh ngobrol-ngobrol? yu! yu!


@ Plain : oooh kalo bicara soal kesehatan, lingkar pinggang dan paha itu penting sayaang. Tapi kalo bicara soal yang lain, lingkar dada juga penting kok hahahahaha


@ Peni : hua?! kiloan gw naek berapa kilo ya kalo hamil? hahaah sereem membayangkannya. Iya bu, gw tadinya pengen nyoba puasa daud, tapi hessseeeeee. Harus membuat puasa jadi way of life dulu euy


@ itikkecil : emberta. Badan kita itu punya radar

hanny mengatakan...

Mbak pop, coba makan nasinya dikurangin deh. Katanya ngaruh tuh.. Aku juga ga tau pasti karena aku tipe orang yang susah gemuk sih, hehe..

*kabur sebelum ditimpuk sendal sama mbak popi :D*

okke mengatakan...

Pop,
gw mu ikutan boxing~!
bareng yuk!

Hani Smaragdina mengatakan...

Teh Pop dendam sama kemiskinan yah ehehehe...gak boleh nyimpen dendam lama2 loh Teh, akibatnya buruk. Eh pacarku malah dah sekilo lagi menuju sekuintal, 99, anhka keramat karena dah setaun gak turun2, untung dia rada tinggi kalo ndak...wuahhh bisa kayak jin...meng-courage dia dan Teh Pop, plus aku yang terlalu kurus ini buat ke dokter gizi biar makan yang bener. Sehat itu emang segalanya ya teh, kegemukan atau kekurusan kayak eyke bikin syuseh :(

Semangat d teh pop...

eh barusan denger teh pop di infokarir dan aku ngakak karena narsum teh pop ngomongnya meuni sunda ehehehehehe

nanzzzcy mengatakan...

sante bokk.. yg penting ndut-ndut tapi tetep mempesona hahaha.. apa coba??
Tapi saran gw nih, rajin olahraga deh.. hayolahh...lu pasti bisa kok.. masa seorang yang-mulia-dipertuanagungkan-poppy-puspita rela dikalahkan ama lemak-lemak sialan itu.. :D

Poppus mengatakan...

@ hanny : iya, asupan nasinya sudah makin berkurang. Jadi sepertiganya. Ah kamu, kok lain sekali denganku Aku mudah gemuk, sulit kurus heuehuehe


@ Okke : Taeboxing atau beneran tinju boo? kalo tinju mah udah bakat guwee. hayu!! iraha nyet?


@ Smaragdina : Oh sudah tidak dendam lagi ;). Naah untung aku juga agak tinggi, kalo gak pasti bulet bangeet. hee? kamu denger aku siaran? iiih kok gak sms seeeh hahahah


@ Nanzzcy : eeh kalo soal memesona mah pastii. I'm fat and fabulous. Say, kok gw gak suka ya dengan julukan yang dipertuan agung itu

Silly mengatakan...

Kereeeennnn... ini ungkapan hati paling keren yang pernah gue baca disini, karena loe bisa menunjukkan kepercayaan diri, dan disaat yang bersamaan menganggap itu sebagai satu kelemahan, tanpa mematikan argumen pertama, ttg percaya diri itu.

And you end it up with... "Saya ingin sehat terus agar saya tidak kehilangan waktu berharga. I wanna be complete"...

Ahhh, yg terakhir itu yang bikin merinding pop, karena tidak semua org bisa menyadari kelemahan dalam kelebihan kita. And that's so honest!!! Asli, gue suka loe pop, hahaha.... Errr... Gimana kalo kita jadian aja... loe mau gak sama perempuan sinting kek gue... Ckakakakakakakakakakak...

*dikemplang bolak balik*
*ditendang... (ehhh... jangan ke Arab dong, bosan jadi TKW, ke amerika ajah, bokap gue yang jadi presidennya skarang soalnya, ahakahakhkahakhakahakhak)*
*dihajar sampe babak balur karna gak tahu diri*

Silly mengatakan...

Ohya, ini saran dari gue...

For God shake, gue pernah pop sampe 73kg, right after delivering my dauther... Padahal hamilnya guedenya ampun2, turunnya 5 kg doang dari 78.

Tips, yang paling penting, ketika kita gemuk, itu akibat asupan makanan yg berlebihan, dan komposisi makanan yang lebih banyak unsur lemak dan proteinnya.

*diinjek2 karena ngomongin makanan, 'enak ajak, dikata gue rakus apah, kemplangggg*

ahakahakhakahkahakhaakahkahak... (repot amah sih disini, ngasih koment aja, babak belur mulu... *melet sambil tersenyum manis* (kikikikik, emang senyum gue manis kok... nihhh lihattt... *dua jadi dipipi*)

(Popi: Arrgghhh... loe kapan mo ngasih tips sih sil, sibuk ngobrol ama diri sendiri????)

Hahaha, baiklah... baiklah... :P

Jadi gini, karna asupan makanan yg banyak mengandung lemak dan protein tadi, usus jadi tidak sanggup mengolah sat2 tersebut, lalu mengalirlah dia tanpa diolah melalui usus menuju ke pusat pembuangan, atau malah disimpan dalam bentuk energy.

Nahhh, disepanjang perjalanan, "ngetem"lah si protein dan lemak ini, sehingga... laksana angkot ngetem... jalan jadi makin sempit, dan akhirnya macet.

Daripada mendem disitu, sbagian diambil tubuh sebagai timbunan tabungan energy karena alert dari body mengatakan untuk membawa tubuh ini, musti ada tabungan energy yg cukup...

Lalu berakhirlah protein2 tak mampu olah itu menjadi timbunan lemak... Karena jalaann macet, skalian aja semua ditimbun dulu, kapan2 baru dibuang... mungkin begitu deh ilustrasinya (ini kata dokter gue bok, bukan kata gue)

Jadi problem utama loe adalah METABOLISME. (gak berani gue bok, bilang banyak makan makanan enak, udah bengep2 nih gue soalnya, dikemplang mulu, hahahaha). Dan letak titik metabolisme paling utama adalah di usus.

Jadi saran gue... Mending jalani COLON THERAPY... membersihkan semua yang "ngetem2" disapanjang jalur usus 12 jari dan usus besar kita yang kabarnya panjangnya 12x tinggi badan kita (isssuuueeee... jangan dipercaya!). RAda mahal memang, tapi khan gaji loe DUA PULUH JUTAAAAAAAA, ahakahakhakahkahakhak (aduhhh, ditimpuk kardus pizza).

Kidding pop... :) tapi soal kolon terapi itu, gue serius!!!. Kalo gue dulu, karena masih miskin (ampe skarang sih belum kaya-kaya banget,... knapa ya pop???... HEHHH!!!, malah ngebahas kaya, dasar tolol!!!, hahaha), gue pake teh hijau yang bisa menguras perut. Jadi minum malem sebelum tidur trus paginya jadi penghuni kamar mandi selama beberapa menit... Biasanya gue skalian rekaman sih bok, soalnya kalo dikamar mandi suara gue keren banget... loe mo denger gak, ahakahakhakahkahak...

*ditendang ke Arab, jadi TKW*

Oke, segitu dulu, kalo lo masih penasaran pengen tahu... email gue ajah... sapa tahu gue bisa jadi suhu loe, loe jadi cewek gue, hahahaha... (NOOOOO, gue masih normal pop, masih doyan cowok ganteng, maap yahhh Nikolas Saputra... I'm always yours kok, suer dehhh)

Ehhh, udah dulu yahhh... tiba2 prasaan gue pengen rekaman, mulesss soalnya... :P

Semoga sukses ya pop... :)

(ehhh, bentar... bentar... masak kata kunci yang dikasih ke gua dibawah ini "Sariap"... kok dia bisa tahu sih gue rada sarap, hahaha)

Poppus mengatakan...

@ Silly : HUAHUAHAUHAHAHAHAHA! ADA ORANG GILA NGASIH KOMEN. Aduh boook, lu baik amat siih ngasih komennya lengkap banget. MAkasih atas perhatiannya darling. Tapi soal lamaran lu, gw masih doyan laki euy. Tapi kalo gw bosen sama laki, gw pasti ngehubungin lu hauhauahuahauha. Iya jeng, emang metabolisme gw udah rusak, dan perlu diperbaiki dengan segera. I'm working on it. Dulu sebenernya gw sempet mau ikut gurah colon. Jadi sebelum gurah ini, kita melakukan gerakan-gerakan yoga untuk melancarkan apaaa gitu, nah terus kita minum aer garem beberapa gelas, baru masuk deh kamar mandi. Setelah itu usus kita bakal bersih. Nah setelah gurah usus ini baru kita mulai dengan pola hidup sehat. Gurah ini dipandunya sama master yoga gitu book. Cuma sayang, pas ada jadwal gurah, gw lagi di luar kota jadi bakal ikut deh. Ah darling, komen lu membuat gw jadi beneran harus ikut gurah usus itu deh

Posting Komentar

Copyright © 2010 ParadoxParade | Free Blogger Templates by Splashy Templates | Layout by Atomic Website Templates