Before and After

Sabtu, 23 Januari 2010

Saya baru selesai nonton Oprah show dengan bintang tamu Star Jones yang berhasil menurunkan berat badannya ratusan pon karena operasi bypass lambung, pilates dan yoga. Di tengah talkshow, ada cuplikan foto-foto star dalam berat 300 pon, dan ingatan saya seperti dikembalikan ke masa lalu ketika ia bilang "kau masih bisa bahagia ketika beratmu 250 pon, tapi ketika beratmu sudah 300 pon, cara berpikirmu akan berubah". It's just like me.

Sejak kecil, saya tidak pernah benar-benar memikirkan berat badan. Yes, i'm happy with my body. Tapi saya mulai takut ketika jarum timbangan itu sudah menyentuh 90 kilo. Ya ampyuuun, 10 kilo lagi saya akan seperti karung-karung beras di gudang Bulog!

Banyak sekali hal yang berubah ketika berat saya makin bertambah, terutama setelah 90 kilo. Nafas saya gak bisa panjang ketika siaran, di headphone saya bisa mendengar dengan jelas suara nafas saya yang terengah-engah, saya gak bisa lagi jalan jauh apalagi motret-motret ke pegunungan, saya mudah lelah dan gak bisa lagi jalan kaki kemana-mana padahal saya sangat suka jalan kaki, dan beberapa perubahan lainnya yang semuanya berujung pada penurunan kualitas hidup.

Pada hari pernikahan saya, berat badan saya lebih satu kilo dari 90. Saat akad dan pidato pernikahan dari penghulu yang ya ampyuuun lama beneer, pantat dan betis saya yang ketika itu harus tertekuk lama harus disanggah oleh bantal agar saya bisa tetap duduk dengan bener. Tapi setelah disanggah pun saya tetep gak bisa diem karena kedua kaki saya sangat kesakitan. Saat itulah saya bilang pada diri sendiri, saya tidak bisa begini terus. Hidup saya harus berubah.

Sejak dulu saya memang pengen nurunin berat badan, tapi semuanya OMDO, omong doang. Sering banget saya bilang ke temen-temen deket saya kalo saya pengen kurus, tapi kebiasaan makan enak juga gak berhenti. Nah, ketika kondisi saya sudah mulai membuat saya takut, saya ingat sebuah obrolan dengan teman. Diet atau niat menurunkan berat badan itu  harus menjadi way of thinking and way of living. Tadinya ini cuma konsep buat saya. Tapi ketika saya pindah ke kota lain, memulai kehidupan yang baru, jauh dari kota dengan sejuta godaan kuliner, saya memutuskan untuk mewujudkan konsep ini.

Untungnya juga saya punya suami yang gak begitu doyan daging (baik daging merah maupun putih), jadi saya cuma masak sayur-sayuran, tahu, tempe, paling banter ya telor. Saya rasa ini yang disebut way of living. Saya pun jadi terbiasa makan protein nabati, dan akhirnya, tubuh saya pun jadi seperti menolak daging-dagingan. Kalo makan daging langsung mual. Saat saya ke pasar dan melewati kios daging dan ayam, saya pun mual, padahal dulu-dulu mah biasa aja. Setelah terbiasa dengan protein nabati, saya mulai mengurangi porsi makan sampai sepertiga dari porsi biasa. Setiap hari begitu. Susyaaah maaak! Ruangan di perut saya yang banyak kabinnya ini menghendaki isi yang lebih banyaak. I want moooore! but hey, no pain no gain kan. Saya siasati dengan makan lebih sedikit setiap kali makan tapi frekuensinya saya tambah. Kalo biasanya 3 sekarang jadi 4. Dan perut saya lama-lama terbiasa. Lalu saya pikir, ah ini belum cukup. Frekuensi makan pun harus saya kurangin. Lalu saya perbanyak minum dan mengurangi frekuensi makan, satu kali aja. Dan ternyata berhasil. Sekarang, saya makan 3 kali sehari dengan porsi yang sedikit. Apa yang terjadi? pencernaan saya beradaptasi dengan baik. Kalo makan lebih banyak dari porsi yang sekarang, saya mual lalu muntah. Naah kalo gini kan lambung kita udah beradaptasi sendiri, dan gak perlu operasi bypass lambung hahahaha!

Oh, saya pun mulai bersepeda tiap pagi (dan untuk ini, saya bela-belain belajar naek sepeda tengah malem karena malu diliat orang, ih masa udah segede gini baru belajar naik sepeda).

Suatu hari saya ke supermarket dan liat timbangan badan. Karena belum punya timbangan sendiri dan udah 6 bulan gak nimbang badan, saya pun dengan semangat 45 menaiki timbangan itu. Sambil tolah toleh dulu doong takut ketauan pelayannya, tengsin kan boook. Ternyata sodara-sodara! berat badan saya turun 11 KILO! dan saya menangis haru. Sejak lama ingin menurunkan berat badan tapi gak pernah berhasil dan harus kena diare dulu 5 hari untuk bisa turun 2 kilo (lalu naik lagi 5 kilo hehehe), sekarang saya berhasil membuang 11 kilo dalam 6 bulan! Ini prestasi terbesar dalam hidup.

Kemudian saya hamil dan ternyata, berat badan saya susah naik lagi. Saya terbiasa makan sedikit dan gak suka daging, tapi harus makan daging demi gizi si janin. Makanya saya imbangi pake ngemil roti dengan selai coklat atau keju. Tapi teteeep susah naik karena berat badan saya cuma naik 4 kilo dalam 6 bulan. Yaa sebenernya masih wajar sih, tapi begitu saya kasih liat foto saya ke sobat saya, mbok darmi, dia bilang "Popiiih! kamu kurus sekaliiiiiiii!" hihihihihih ok, saya mesti nambah berat badan nih. Sigh...

Dibawah dua foto saya dulu dan sekarang. Bok, udah kayak iklan obat pengurus badan ya ada before and after hahahaha!




Dulu



                                               Sekarang

21 komentar:

mei.benjamin mengatakan...

wow!!! 11 kgs????
that's ALOT!
hidup popiiii

Apisindica mengatakan...

popiiii, what wrong with you?! kembalikan popi gw yang dulu. Yang makannya banyak, yang bahagia dengan bentuk tubuhnya. Hahahaha.

maneh siga nu gering nyaho!!! ;)

de asmara mengatakan...

tolong jangan jitak saya karena kalimat yg akan saya bilang ini... tapi, kok saya lebih suka popi yang di atas yah? hmmm, selera saya memang cewek2 chubby. (iya saya tau saya perempuan juga, cuma secara jujur saya lbh demen liat cewek chubby, lucu dan menggemaskan)
tapi jgn menghalangi semangat kamu utk ttp berpola makan sehat! jangan berhenti demi saya Pop! J-A-N-G-A-N!!

Poppus mengatakan...

@ Mei : Merdeka! hahahahaha

@ De Asmara : Saya juga lebih seneng manusia chubby, tapi begitu saya terlalu chubby, hidup saya jadi terganggu hehehehe. Dan begitu badan saya udah tereak kesakitan, i've decided to change before i got sudden death because heart attack hehehehe

@ Apis : Darliiing! HAUHAUAA! yaa yaa i remember that popi. Gw tetep bahagia dengan bentuk tubuh gw say, gimanapun bentuknya, it's just my body could't take more fat and colesterol. Kaki gw setiap hari sakit, begitu bangun gw langsung kram, detak jantung gw mudah sekali menyepat sampai berasa akan berhenti, gw gampang terengah-engah, banyak aktivitas kesukaan gw yang tidak bisa lagi gw lakukan, so it's not about my physical appearance but it's about live healthier. Soal gw kayak yang sakit itu, yaaa namanya juga dari gemuk ke kurus, pastilaah ada yang berubah. Kalo terlihat belum seger, yaa mungkin badan gw juga masih dalam masa penyesuaian say

Sari mengatakan...

11 kilo yak? ckk..ckk...
Keren, Pop !! :P
*menjura*

Ginko mengatakan...

WHOA! Dedikasi yang patut dirayakan :D Hebat!

bandit™perantau mengatakan...

hehehe...
yg penting sehat saja...

Kadang, saat bangun pagi", seringkali wanita menuju timbangan dulu, melihat berat badannya, klo turun 2 kilo berarti hari ini dia bakal ceria...
klo malah naik sehari ini bakal murung terus...

*ada kok wanita yg kebahagiaannya sehari itu ditentukan oleh timbangan itu... :D

Henny Yarica mengatakan...

wah mbak..itu prestasi yang membanggakan. pastinya nggak mudah ya nurunin berat segitu?
selamat!!!

Poppus mengatakan...

@ Sari : hihihihi iya emang keren! hahahaha. Makasiih makasiih *sambil kasih kiss bye ke penonton*

@ Ginkoberry : Itu diaa! iya ini patut dirayakan. Makan-makaan! hahahah

@ Bandit : Maka itu. Seperti kata Agnes Monica, dia bukan terobsesi pada bentuk tubuh yang bagus, melainkan pada hidup sehat. Yaa yaa, aku kenal juga beberapa perempuan yang heboh banget soal berat badannya, tapi mostly bukan karena mereka khawatir kesehatannya, tapi karena mereka khawatir bentuk tubuh mereka gak bagus lagi

@ Henny : Banget! aku bangga karena bisa menaklukan diri sendiri hheuheuheuehue

Pohonku Sepi Sendiri mengatakan...

wuah, mantabh sekali mbak popi.. 11kg bukan hal yg mudah loh.. pasti banyak sekali godaan & kerelaannya, aku sangat mengerti itu krn aku juga lagi diet.. hehehe..

slamat berjuang ya mbak..
tetap semangat.. :)

Gendhis mengatakan...

*speechless*
Mba Pop, it's awesome!! 11 kilo??? enam bulan??? gue mauuuuuuu....
Gue juga sekarang lagi berusaha mengubah pola hidup Mba, jadi bukan sekedar diet biar kurus, tapi lebih ke biar seger, dan sehat!
Tapi, sebelas kilo itu prestasi Mba, Gue juga harus bisa! :D
Thanks for inspiring me... ;)

pipi bulet dan dunianya mengatakan...

Diet sehat, kantongpun ikut sehat... Good idea... Nyontek ahhhh....

Pohonku Sepi Sendiri mengatakan...

di tempatku ada award buat mbak popi.. mohon sekiranya bersedia 'tuk menerima.. :)

maya sitorus mengatakan...

selamat...hebatttttttt

aku juga lagi ngurangin makan nasi nih abies engap perutna bunciy hehehhe

tapi harus dibarengi olahraga kayaknya ya,,,

popiiiiiii..sekarang rahangnya dah keliatan,,,pertahankan yaa,,hihihi

chiekebvo mengatakan...

wowww....
mba popi haybaattt...
tapi yg terpenting adalah bagaimana pun body qtha...qtha harus hidup sehat..
hidup sehat khan bikin body seksehh mba* fufufufufuuu..:p

Prince mengatakan...

Seemed I just lost my "Mata".... :-(
bisa gak yg turun leher ke bawah aja...??

Rini Raharjanti mengatakan...

waaaaaa.....

tante popi kurus bangettttt!!!

selamat yah tante :D

terus si dedek kapan lahirannya nih??

Anonymous mengatakan...

hueee...kumaha atuh resepnaaaa????....plissss..teteh..bageur...geuliss....hueeee..

Ra-kun tak sendiRIAN mengatakan...

sister popi hebat. bukan soal berapa banyak turun beratnya, tapi soal betapa sister bisa mewujudkan hal yang tadinya cuma omongan dan rencana menjadi kenyataan.

tetap semangat ya, sister :)

denny mengatakan...

popi yg bawah kok galak ya

:P

yg diatas kesannya lebih friendly.
:D

udah pop
gak usah ngeluarin golok..

hahahahaha

peni astiti mengatakan...

pangling....
tapi jujur...
gw lebih suka old popi... :D
wajahmu lebih friendly kalo kamu gemuk... hahaha...
kurang ajar, ya, gw... :D

miss you, darling...

Posting Komentar

Copyright © 2010 ParadoxParade | Free Blogger Templates by Splashy Templates | Layout by Atomic Website Templates