bulat kenyal

Minggu, 30 Agustus 2009




gambar diambil dari sini


Pasti semuanya udah gak asing lagi dengan sebutan Bandung sebagai Surganya makanan. Julukan ini sama sekali gak berlebihan. Hampir semua makanan di Bandung, yaa yang dijual di cafe atau restoran atau yang kaki lima sekalipun, enak! Gak tau apa sebabnya. Bisa karena orang-orang bandung emang pinter masak, atau seperti kata temen saya, mbok darmi Mangunkarso bahwa orang-orang Bandung itu masaknya masih pake hati. Mungkin benar. Yang jelas, masakan Bandung membuat hati saya gak bisa berpaling, terutama bakso dan teman-temannya.


Sedang kangen banget nih sama Bakso Si Boy di jalan Naripan. Mie nya yang punya kekenyalan pas sehingga bikin gak blenger kalo makan banyak sekalipun, dicampur dengan kecap yang manisnya pas (entah mereka pake kecap apa, yang jelas kecapnya enak banget, persis kayak yang dipake rumah makan masakan china), membuat mie si boy emang layak membuat pembelinya dateng lagi dan lagi. Belum lagi taburan ayamnya, dengan Kombinasi asin-manisnya yang pas dan gak bau amis sama sekali. Baso si Boy yang tampangnya emang mirip sama Bakso Akung ini punya isi komplit. Ada siomay yang ikannya kerasa tapi gak amis, ada pangsit isi ayam gurih, tahu putih yang lembut, bakso kering yang walaupun kering tapi gak bikin seret tenggorokan, bakso urat yang uratnya gak dibikin dari karet ban (tau kan boook bakso urat yang uratnya alot banget sampe membuat kita berpikir jangan-jangan bukan urat daging tapi karet ban). Dan tidak ketinggalan.... pangsit kering yang lebar, gurih, gak berminyak, dan krispi, tapi krispinya asik, bikin pecahan pangsitnya gak lompat kemana-mana kalo digigit (pernah kaaan makan pangsit kering yang kalo digigit bikin remahnya berlompatan ke kanan kiri, iiih malesss). Semua paket komplit ini disajikan dengan kuah bening yang gurihnya pas sehingga gak bikin eneg. Anjiss saya sudah menelan ludah berapa kali ketika menulis posting ini.


Gak cuma bakso modern macam bakso Si Boy itu yang saya kangenin, tapi juga bakso kampung. Perbedaan signifikan terletak pada kedua jenis bakso ini. Bakso modern atau yang juga dikenal sebagai bakso kota a.k bakso China biasanya memiliki kuah yang bening tapi gurih banget (kadang-kadang ditambahkan sedikit minyak babi hehehehe), sedangkan bakso kampung biasanya memiliki kuah yang penuh dengan lemak dan lebih spicy. DAN SAYA MENGGILAI KEDUANYA! hehehehehe. Dalam kurun waktu saya menjadi pecinta bakso, saya sudah mencoba banyak sekali bakso kampung di Bandung, dan eeee kok semuanya enaaak. Yang sering sekali saya datangi itu bakso ojolali di Wyata Guna, Jalan Pajajaran. Cuma dengan 5 ribu perak, saya udah dapetin bakso gede berisi daging cincang dan telor (yang kalo dibelah itu kuah lemaknya langsung meleleh ke kuah bakso diikuti dengan brudulan daging cincang), plus dua bakso urat ukuran sedang. Ditambah dengan bihun yamin dan sayuran. Kadang saya nambah lagi satu bakso besar (yaa yaa saya tauuu, kemampuan makan saya emang menakutkan), but i can't help it hahaha!

Ah saya benar-benar kangen pada bakso Bandung. Semuanya! Ya akung, ya bakso malang karapitan, ya Ojolali, ya Si Boy, Ya Mang Endin, Ya mamang siapa lagi laaah. Sayangnya, di kota yang saya tinggali sekarang tidak ada satupun bakso yang enaknya kayak Bakso di Bandung. Dan perut saya pun bersedih.


7 komentar:

Gendhis mengatakan...

Untuuung aja bacanya pas udah buka.. Kalo siang2 bisa batal nih puasa! Hehehe..
*Jd pengen ke Bdg lagi..*

capcaibakar mengatakan...

mungkin enaknya karena mecin ..*halah

Grey_S mengatakan...

Gw jadi lapaaarrrr....

Kebanyakan jajanan enaknya emang karena vetsin dan kuahnya yg berlemak buaaaaanyaaaakkkk.......


Btw, salam kenal yah

Grey

Apisindica mengatakan...

Darl,memang gak ada bakso yang ngalahin enaknya bakso2 bandung. Gw udah berkelana kemana2 tapi emang bakso bandung yang paling top. Di daerah lain yang katanya baksonya paling enak dan kalo mau beli harus ngantri kayak ngantri minyak tanah, rasanya JAUH dari yang ada di bandung bahkan dari yg di gerobak pinggir jalan.

Hayu atuh uih ka bandung, urang jajan baso. Maksudnya lu makan baso, gw liatin aja. Baso bikin gendut,secara gw lg diet. Wkwkwkwkw

misskepik mengatakan...

Hah!
Aku buka ini pas abis subuh. Udah laper aja T.T
cihuy, udah pake tandatangan *ahaha, tandatangan dong bahasanya!

denny mengatakan...

*ngiler*

*ngiler*


*ngiler*


....

mei.benjamin mengatakan...

Pop!!!!
njissss tega pisaaaaaaaaannnnnnnnnnnnnnnnnnnn,huhuhuhuhuhuhuhu

Posting Komentar

Copyright © 2010 ParadoxParade | Free Blogger Templates by Splashy Templates | Layout by Atomic Website Templates