Aku dan mereka...

Jumat, 19 September 2008

Itu saya waktu kecil bersama dua dari empat anjing saya, mama, tante dan tetangga saya

Haduh bandung panaaaas! ih dari tadi malem gerah banget. Kipas-kipas cari angin terus gitu kerjaannya. Dan pagi ini saya harus berangkat ke kantor dengan termalas-malas karena berarti saya harus bertemu kembali dengan teriknya matahari. Tapi akhirnya sampai juga saya. Langsung deh ngadem dibawah ac yang letaknya diatas komputer sa
ya banget dan buka blog! hahaha itulah aktivitas pertama saya begitu nyalain kompie. Eee ada postingan baru dari Jeng Gendhis yang membuat saya berkaca-kaca. Ah senangnya saya bertemu dengan animal lover juga. Jadi aja saya keidean untuk bikin posting serupa. Mari mulaaai....

Saya cinta binatang! kecuali serangga hehehehe. Waktu kecil, rumah saya kayak kebun binatang. Ada beberapa burung, 20 kucing dan empat anjing besar. Belum lagi om saya yang disebelah rumah, memelihara elang. Bayangkan saja betapa ramenya rumah saya. Semua binatang saya itu sahabat saya, karena saya gak boleh maen keluar rumah oleh mbah saya yang rasis yang tidak mengijinkan saya bermain dengan anak-anak china disekitar rumah padahal saya tinggal di lingkungan orang-orang china! Siyal! Yaaa gak aneh kali ya kalo saya merasa punya keterikatan batin sama binatang.


Saya merasa mereka mengerti saya dan saya pun mengerti mereka. Ketika saya kesepian atau sedang sedih karena habis digalakin sama mbah, saya masukin tuh semua anjing saya kekamar dan saya kunci kamar saya, kemudian diamlah saya didalam kamar bersama mereka sampai sore. Merekalah pelarian saya. Saya sangat terikat secara emosional dengan semua peliharaan saya. Pernah suatu hari saat saya masih umur 5 tahun, salah satu anji
ng saya gigit orang (lagian orang itu juga ganggu anjing saya sih! uh kalo saya udah gede, saya lempar pake sepatu deh orang itu!). Karena gigit orang, dia pun dibawa ke polisi dan ditembak. Matilah anjing saya dan menangislah saya terus menerus selama tiga hari. Asli! saya sampe demam tinggi dan ngigau nama anjing saya "Bellllyy bellyyyy bellyyyy!. Butuh waktu beberapa minggu buat saya untuk gak sedih lagi. Ibu bilang saya berlebihan sayangnya sama binatang. Eh terus kenapa? dalam banyak hal mereka jauh lebih baik dari manusia kok. Dan kayaknya emang udah diturunkan secara genetik kali ya kecintaan saya pada binatang. Karena mulai dari nenek saya sampe ibu saya, mereka cinta binatang. Semua om, tante, paman dan sodara saya juga pecinta binatang. Makanya kenangan masa kecil saya gak jauh-jauh dari para peliharaan saya.


Didekat rumah saya ada orang-orang yang menjual binatang.
Kadang-kadang, binatang jualan mereka lepas. Ya kucing lah, anjing, bahkan ular. Dan herannya, semua binatang itu kok kaburnya kerumah saya (termasuk ular-ular juga loo. Salah satu ular itu pernah lewat didepan saya ekekekeke). Pernah suatu kali saya sedang duduk di teras, eee sekonyong-konyong seekor anak anjing menghampiri saya dan nempel-nempel di kaki. He? darimana kamyuuu? kok lucu siih? saya pangku dia dan ah saya terbius melihat matanya. You know those puppy eyes can't resist! Tapi saya melihat ketakutan dimatanya. Dan tidak berapa lama kemudian, si orang yang suka ngejualin binatang itu dateng. Ok, naluri superhero-pembela-hakbinatang saya pun bergelora. *halaah. Saya gendong anak anjing itu, dan dengan tampang jutek (dan asli loo tampang saya kalo jutek itu ya sejutek-juteknya hahahaha, orang-orang aja takut). Saya interogasi dulu tu orang (padahal itu kan anjing dia ya heheheh). Tapi sayangnya, anak anjing itu gak boleh saya pelihara. "Nanti rumah kita bau piii!" itu kata ibu. Uh padahal dari saya kecil juga rumah saya mah emang udah bau binatang. Dengan berat hati, saya harus merelakan dia. Bye darling.

Mama saya waktu saya masih kecil. Lihat kan beberapa peliharaan saya yang akur itu? God, i miss them so much!

Cerita lainnya nih, saya dulu punya kucing, dia melahirkan. Salah satu anaknya itu hidrocephalus. Eh ternyata bukan cuma manusia aja lo yang kena penyakit itu. Tapi dengan begitu, si anak kucing ini jadi kesayangan saya. Saya bahkan cenderung overprotektif sama dia. Gak bisa aja gitu ngeliat dia menderita. Namanya Jenong karena keningnya yang nong-nong. Si jenong ini kayak gak diinginkan deh sama ibunya. Ketika anak lainnya disusui, si jenong ini dibiarin aja. Sehingga si jenong jadi lebih kurus dari anak kucing lain. Ya sudah, saya yang menggantikan tugas ibunya. Bukan dengan menyusuinya doong hahahaha. Tapi dengan memberinya susu dengan pipet. Eee ternyata si jenong tumbuh sehat loo. Dan jadi lucu karena kepalanya lebih besar dari badannya. Dia pun jadi anak kesayangan saya. Tiada hari tanpa si jenong. Setiap saya pulang sekolah (waktu itu saya masih SMA), yang pertama saya cari pasti dia. Suatu hari, ketika waktunya pindah rumah (kucing setelah melahirkan dia akan pindah tempat beberapa kali), si Jenong dan anak kucing lainnya dibawa ke atas genteng. Nah karena fisiknya si jenong ini agak lemah, dia gak seperti anak kucing lain yang bisa mendarat dengan semua kakinya ketika mereka melompat dari tempat tinggi. Si jenong tidak. Suatu hari saya mendapati dia jatuh dari genteng. Dia sampe terduduk, kakinya tertekuk dan matanya berair. Saya pun Heri (Heboh sendiri). Sejak itu saya gak ngasih dia dibawa lagi ke atas genteng. Toh dia pun tidak diurus kok sama ibunya. Saya urus aja dia dibawah. Suatu hari si jenong sakit. Terkapar tak berdaya. Dia masih kecil dan terlihat makin kecil ketika sakit. Dia tak mau makan. Disuapi susu pun tak mau. Saya tahu sudah saatnya dia pergi. Kucing ketika tak mau makan, maka tinggal tunggu waktu saja sebelum dia meninggal. Mata jenong meredup, tapi dia masih sempat menatap saya (aduh-aduh saya nangis nih nulis ini). Tidak berapa lama Jenong meninggal di pangkuan saya. Sampai sekarang dia masih berada di hati saya. Bye jenong.

Oh saya punya cerita lain menyangkut binatang (masih mau baca? mau ya mau ya heuehuehe). Saya gampang kasihan hehehe. Ketika melihat kucing dengan kondisi kurus dan dekil, apalagi kalo itu kucing kecil, saya gak tahan untuk bawa dia pulang. Giliran mama saya yang ngomel-ngomel karena saya lagi-lagi bawa kucing hehehehe. Tak terhitung berapa banyak kucing yang sudah saya bawa kerumah dan saya rawat dengan sangat baik, sampai saya sayang banget sama mereka karena merekalah teman saya setiap saat. Tapi kemudian setelah gemuk dan sehat, mereka pun pergi. Sekali dua kali saya kesel sama mereka. Ih gak tau balas budi. Tapi kemudian "Aduh poop, mereka itu binatang, kucing pula, what do you expect! They don't hug you back. If you want to be hug, pelihara aja anjing". Jadilah sejak saat itu saya mulai terbiasa mengikhlaskan kucing-kucing angkat saya pergi. Ya.. mengajarkan saya untuk ikhlas. Tadinya mereka binatang bebas, dan saya pun harus ikhlas ketika mereka kembali ingin bebas. Sekian dulu cerita saya ah. Udah nangis niiih, pengen cuci muka dulu. Jadi inget belly.....


NB : eh eh tau gak? kemarin saat lagi makan siang di kedai nasi padang, ada kucing disitu. Kucing itu mendekati kaki seorang laki-laki yang lagi makan. Eee disiram sama dia si kucingnya, pake aer satu kobokan. BIASA AJA DEH!!!! Iih pengen nampol tu orang deh liat mukanya yang menyebalkan itu! saya yang paling gak tahan liat binatang diperlakukan buruk, langsung ngomong "Mas! biasa aja deh. Dia kan gak ganggu situ! cuma mendekati doang! kan situ bisa cuma menghentakan kaki dan ngusir dia. Gak mesti disiram". Laki-laki itu menjawab "Emang kucing itu punya mba?". Saya jawab lagi "Bukan. Emang kenapa?! apa saya harus jadi pemiliknya dulu untuk negur situ?". Dan dia tidak menjawab lagi. Ih tu orang pasti kesel banget deh sama saya hehehehe. Biarin aaah duu duuu duuu *bersiul puas

11 komentar:

Long Ai Tian mengatakan...

eh gue juga suka banget lho sama kucing, dulu pernah punya kucing persia bawa dari cina, sampe udah beranak cucu dan jadi 15 ekor!!! kebayang kan riuh rendah nya rumah gue?...tapi krn berat di biaya perawatannya, akhirnya dijual2in deh dan tinggal sisa 1 aja dirumag gue....

bagus mengatakan...

wahaha...salut buat semprotan terakhirnya..action first..salut2
kalo kucing sih suka2 aja cm kalo miara duh ngga deh..
kebetulan punya sodara yg miara kucing persia..kmrn terakhir ke rumahnya udah beranak pinak jadi 20..lucu sih..cm ga tahan baunya :p

plainami mengatakan...

bo postingan lo makin okeh aja nih kuantitasnya.. kalo jadi skrip di radio udah lebih dari empat cut nih, aakehuhauheu..

ah anywaaay.. dulu gw juga pernah punya kucing.. kunamai dia "meni". masih mending lah yaaa daripada jenong xD

try mengatakan...

gak pernah punya kucing, cuma pernah punya kelinci waktu kuliah di jogja.Sampe beranak buanyak dan dibagi2in ke temen2 :D
enak ya punya binatang, pop.ada pengobat hati kalo lagi merasa sendiri ;D

gendhis mengatakan...

Wahh, ternyata, banyak yang cinta ama kucing ya?? Iya, ngomongin mereka gak ada habisnya, soalnya, kadang2 mereka emang lebih bisa ngertiin kita.. :D

Rintjez mengatakan...

Dulu kelas 4 SD gw punya kucing juga namanya "Manis" tapi terus meninggal ketabrak mobil...

Sampe sekarang gw trauma ga mau punya kucing lagi..

Abis kehilangan mereka kok sedihnya bisa bertahun-tahun ga ilang-ilang yaa........

Tigis mengatakan...

wah gue jg suka ama kucing. Tp miaranya dulu sih pas msh kecil. Kadang bikin sebel jg mslh boker dan pipisnya. Dulu pernah pipis di sofa langsung dibuang ama bokap gue hehe. Gue jg dulu ampir pernah keilangan mata gara2x kucing. Gara2x ngegangguin mboknya kucing pas lagi tidur. Eh cakarnya melayang dan kena persis di bawah mata gue. Puffff, ampir aja. Yg ada gue akhirnya dapet semprot bokap :)

Poppus mengatakan...

Long Ai Tian : Aw! aw! kita samaa! ah lu masih kalah sama gw say. Gw 20 hahaha. Kebayang deh ramenya


Bagus : hahaha! makasiih makasiiih. Mau saya semprot? pake cintaa hahaha!


Plainami : Iya dong mbok darmi. Ih dasar jawa! kucing lu dijadiin jawa juga gagaga


Try : Aduh, aku gak pernah sukses melihara kelinci. Ringkih ah. Dikit-dikit sakit terus mati


Gendhis : Kalo aku sih malah anjing yang lebih bisa ngerti aku hehehe


Rintjez : Aduh boo, gw suka sesak nafas deh kalo di jalan, ngeliat tubuh kucing yang sudah hancur jadi korban tabrak lari


Tigis : hahahaha! semua binatang memang kadang berbahaya jika diganggu. Makanyaa tigis jangan nakal ya nak!

claudyanancy mengatakan...

wah, aku kurang suka kucing nih coz mnurutku mereka pemalas. Aku lebih suka anjing dan dirumah punya 3 ekor :P
*kabuurrr...sebelum ditabokin ama cat lover*

salam kenal mbak..

sarah mengatakan...

salam kenal mbak brokolisehat :D

baca cerita jenongmu, aku jadi ikut berkaca kaca :( pernah punya pengalaman yg mirip mbak, ngerawat anak kucing yg ditinggalin ibunya dan akhirnya mati karena dari awalnya emang udah sakit. biarpun cuman bentar ngerawat dia, tapi kalo inget lagi, pasti masih pengen nangis.

menjadimanusia mengatakan...

iiih giling... kalo kamu laki, pasti udah digadain tuh... hehehehe... dan terjadi pertempuran a la koboi di kedai padang pake pencak silat... gak banget ya....

Tapi gw suka juga binatang... gw pernah punya peliharaan namanya Pussy (kucing... jangan jorok yak!)... akhirnya dibuang gara2 boker sembarangan sejak dipukul ama pembantu... hiks... sedih...

Bis itu pernah kakak melihara golden retriever... dan gila2an tuh anjing... suka nyium2in titit... hihihihi... padahal laki... homo kali yak... tapi lucu banget... dan kalo diajak jalan dia pasti kegirangan gitu... trus anjingnya rada kampung... kalo naik mobil muntah2... hehehehe... jadinya gw kasih antimo kalo mau jalan... nurut lagi minum antimonya... lucu deh... sekarang dah dikasih ke salah seorang penyayang binatang lagi karna kakak gw hamil. Mertuanya gak mau ada binatang pada saat kehamilan... :(

Posting Komentar

Copyright © 2010 ParadoxParade | Free Blogger Templates by Splashy Templates | Layout by Atomic Website Templates