Atonement

Selasa, 10 Juni 2008



One mistake leads to a bunch of misery.....

Apa yang ada dalam kepala penulis berusia 13 tahun, patah hati dan gegabah, ketika ia melihat sepupunya diperkosa? Hmmm...i think we can see that in briony.

Bersetting tahun 1930-an, pada masa Perang Dunia II, ketika perang memberikan teror luar biasa bagi semua orang. Sebuah rumah mewah milik keluarga Tallis dari Inggris menjadi saksi tempat semuanya berawal. Briony Tallis (Saoirse Ronan), anak perempuan 13 tahun, jatuh cinta pada Robbie Turner (James McAvoy), yang ternyata sudah lebih dulu mencintai kakak Briony, Cecilia Tallis (Keira Nightley). Suatu ketika Briony melihat Robbie bermesraan dengan cecilia di perpustakaan,dan ia mengira Robbie telah memperkosa Cecilia. Tidak lama setelah itu, briony melihat sepupunya diperkosa oleh seseorang, dan ketika semua orang berusaha mencari tahu pelakunya, briony dengan lantangnya mengatakan bahwa Robbie lah pelakunya, padahal ia tahu benar siapa pelakunya. Robbie pun masuk penjara. Tapi kemudian ia diberikan pilihan, ingin tetap di penjara atau ikut berperang. Robbie pun memilih berperang.

Berlalu empat tahun, Cecilia yang masih mencintai robbie, tidak lagi tinggal dirumah mewah milik keluarga Tallis, karena cecilia menjadi suster disebuah rumah sakit. Pilihan sama pun ditempuh oleh Briony sebagai upaya penebusan kesalahan pada Robbie dan Cecilia. Kekelaman perang dan harapan pada cinta mewarnai film yang dalam berbagai scenenya terlihat noir ini. Cerita dari awal sampai pertengahan Atonement mengalir biasa saja, tapi kemudian kesan akhir dari film ini menjadi tidak biasa justru ketika saya dikelabui oleh imajinasi briony yang mengendalikan cerita sebenarnya. Apakah "Atonement" Briony membuatnya bisa menjadi manusia yang tidak dirundung penyesalan? Siap-siap saja terkecoh oleh akhir dari film ini :)


Sutradara : Joe Wright
Skenario : Ian McEwan & Christopher Hampton
Para pemain :
1. Keira Knightley
2. James McAvoy
3. Saoirse Ronan
4. Romola Garai
5. Brenda Blethyn



1 komentar:

IBS mengatakan...

mba popi... apakabar? it's me, IBS... heheh... iya nih, film atonement emang keren. Saya gak habis pikir, kenapa coba film ini kalah sama no country for old men di ajang oscar? film ini adalah salah satu film yang saya sukai, tapi TIDAK saya favoritkan. hehhe...

dateng dunks ke blog-ku... di sana juga ada review film... alah.. hehe... see you later...

Posting Komentar

Copyright © 2010 ParadoxParade | Free Blogger Templates by Splashy Templates | Layout by Atomic Website Templates